Friday 19 June 2015

PENGETAHUAN TENTANG LANGKAH - LANGKAH MENGONLINEKAN WEB

Cara Mengonlinekan Website yang telah di buat :
Tahapannya dimulai dari pembelian domain, pembelian hosting, kemudian mengupload file - file program website yang disiapkan, hingga mensetup database.

Membeli nama domain
Contoh akhiran nama domain yaitu .com, .co.id, .or.id, .web, .net, dll. tentukan dulu nama domain yang ingin digunakan. Nama domain yang berakhiran .id ditujukan khusus untuk perusahaan legal di Indonesia. Artinya perusahaan tersebut memiliki NPWP, Akta Pendirian, dll. Sedangkan yang berakhiran .com bebas digunakan oleh siapapun tanpa harus menyertakan berkas tersebut.

Penyedia layanan web hosting sangat banyak, misalnya ID Web Host (www.idwebhost.com) atau Rumah Web (www.rumahweb.com). Harga domainnya juga beragam. Untuk .com, rata-rata seharga Rp.80.000 s/d Rp. 85.000 per-tahunnya.

Domain adalah sebuah alamat atau nama dari situs web yang kita miliki, dengan alamat tersebut seseorang bisa mengakses situs yang anda miliki , cukup dengan memasukan alamat tersebut di url web browser

Membeli Hosting
Hosting adalah sebagai media penyimpanan data untuk sebuah website jika domain diibaratkan adalah alamat atau nama rumah dari sebuah situs web maka hosting adalah isi dari rumah tersebut 


Kalau sudah punya file php dan htmlnya, kita tinggal butuh 2 lagi, SERVER/HOSTING dan DOMAIN. Hosting itu sewa server, kalau Domain itu bisa kita sewa setiap tahun, untuk ".com" biaya sekitr 90-100rb per tahun. 

Kalau yang berbayar, coba lihat ke jasa hosting dan sewa domain seperti rumahweb, hostgator, indowebster, dll. Nah, kalau yang gratisan ada 000webhost (tapi kadang2 dia sering nutup account kita sendiri, paling lama web saya cuma bertahan 2 minggu, maklum gratisan, subdomainnya juga aneh2) ada juga co.nf (http://www.biz.nf/?aid=MTkyMzI2MjYyMjI0M... , yang ini saya sudah hampir setahun nggak ada masalah)..
RANGKUMAN

Ikuti langkah-langkah berikut:

1. Daftarkan nama domain yang Anda inginkan di penyedia jasa pendaftaran nama domain. Biaya pendaftaran dihitung per tahun.

2a. Anda memasang server (sebaiknya berbasis Linux) dan jaringan internet yang memadai (dengan alamat IP yang tetap) di rumah Anda. Anda minimal menguasai Linux, Apache dan MySQL agar dapat melakukan langkah ini.

atau

2b. Anda menyewa tempat di penyedia jasa hosting. Biaya sewa ada yang dihitung per bulan, per tiga bulan, per enam bulan, per tahun, per dua tahun, dst.

3. Pindahkan file-file PHP dan HTML Anda ke server. Jika Anda menyewa hosting, maka unggah file dengan menggunakan aplikasi FTP client, seperti FileZilla (https://filezilla-project.org) atau lainnya.

4 .Konfigurasi server dan website Anda agar nama domain yang telah Anda daftar menunjuk ke website Anda.

Catatan :
Penyedia jasa hosting biasanya juga menyediakan jasa pendaftaran nama domain, demikian juga sebaliknya ada penyedia jasa pendaftaran nama domain yang juga menyediakan jasa hosting.

Catatan penting:
1. Untuk membangun sebuah website, selain PHP dan HTML, sebaiknya Anda juga menguasai CSS. Akan lebih lengkap lagi jika Anda juga menguasai Ajax, Javascript dan jQuery atau setidaknya memahami (dapat membaca kode walaupun tidak bisa menulis kode).
2. Jika Anda kurang menguasai HTML atau PHP, gunakan framework CMS dari http://wordpress.org, http://www.joomla.org, https://drupal.org atau lainnya. Bahkan setelah Anda sangat menguasai HTML dan PHP, sebaiknya gunakan framework CMS yang sesuai, agar ada efisiensi waktu, ada standarisasi dan website lebih aman (secure).
4. Gunakan standarisasi yang baik dan benar dalam membuat website Anda, saat ini untuk HTML adalah HTML5 dan untuk CSS adalah CSS3.
5. Gunakan juga pedoman membuat web dari Google (Google Webmaster Guidelines) di https://support.google.com/webmasters/answer/35769 agar website Anda terindex dengan baik oleh Google.
6. Sebaiknya gunakan desain responsive atau liquid dalam membuat website Anda. Kedua desain tersebut berguna jika Anda menginginkan website Anda dapat tampil dengan baik di gadget mobile seperti tablet dan smartphone.

Catatan paling penting:
Jika setelah membaca langkah-langkah di atas, Anda bertambah bingung, silahkan sewa jasa desainer web untuk membuat website Anda.

0 comments:

Post a Comment