Friday 20 March 2015

Macam Macam Layanan Di Internet


Layanan ini menyediakan informasi yang dapat diakses dan ditampilkan secara langsung di computer client dengan menggunakan protocol HTTP (HyperText Transfer Protocol) dan program aplikasi browser internet.



FTP (File Transfer Protocol)


Layanan ini digunakan untuk memnidahkan file dari satu computer ke computer lain di internet dengan konsep client server. Sebagai pengguna client, kamu bisa mengkopi file yang tersedia pada computer server di internet menggunakan layanan FTP.


e-mail (electronic mail)


Fasilitas ini digunakan untuk komunikasi pengguna internet melalui surat elektronik, yaitu surat dalam bentuk file yang bisa dibuka/dibaca di computer. Pengguna ingin memanfaatkan layanan ini harus mendaftar pada computer server yang menyediakan layanan e-mail.



Milist (Mailing List)
Mailing List merupakan sebuah alamat e-mail yang didalamnya berisi kumpulan alamat e-mail anggotanya. Dengan mengirim pesan ke sebuah milist, pesan akan mengirim ke semua anggota milist tersebut. Milist dapat digunakan sebagai sarana diskusi di internet. Sebuah milist dapat diproteksi sehingga anggota-anggotanya saja yang bisa mengirim pesan ke milist tersebut.



Newsgroups.
Newsgroups adalah juga salah satu discussion groups yang ada di internet. Tidak seperti milis, newsgroups menggunakan komputer jaringan khusus yang disebut sebagai UseNet. Setiap komputer terdapat beberapa newsgroup. Setiap newsgroups diatur berdasarkan satu topik general yang kemudian dibagi menjai beberapa subtopik dibawahnya.
Telnet
Beberapa server di internet memperbolehkan kita untuk mengaksesnya dan menjalankan beberapa program yang diinstal pada komputer itu. Layanan ini disebut sebagai telnet. Penggunaan server ini sama seperti kalau kita melakukannya pada komputer di jaringan lokal.
Gopher
Gopher adalah aplikasi perangkat lunak yang tesusun atas untaian menu sistem pencarian dan penemuan kembali. Situs Gopher adalah komputer yang menampilkan menu-menu yang mewakili data dan informasi yang tersedia. Secara mendasar, menu-menu ini adalah daftar isi untuk mengolah dan menunjuk ke sebuah informasi tertentu. Layanan ini menggunakan FTP untuk pertukaran file dan Telnet untuk koneksi dengan server tertentu.
IRC (Internet Relay Chat)
Layanan ini hampir sama dengan newsgroup, tetapi tidak dikhususkan pada topic tertentu. Untuk menggunakan layanan ini (chatting), pengguna biasanya cukup mendaftar ke server IRC yang diinginkan.
VoIP (Voice over Internet Protocol)


VoIP merupakan layanan untuk menelpon melalui internet. Cara ini dapat menghemat pulsa interlokal/internasional karena akses internet hanya menggunakan pulsa telepon local.

0 comments:

Post a Comment