Friday 30 September 2016

Membuka layar hitam command promt untuk menggunakan Mysql

yang  persiapkan untuk menjalankan MySql di command prompt adalah :
1.  pilih icon Xampp Control Panel
kemudian klik button start pada baris Apache dan Mysql sehingga berubah menjadi button Stop. jika di kolom bawah terdapat pesan error, biasanya tulisannya merah -merah, itu di mungkin kan Mysql Sudah aktif ata sedang berjalan. jadi mengatasinya bisa di lakukan End Process dengan membuka jendela Task Manager. pilih Mysql........... klik end process.
kemudian coba aktifkan lagi jendel Xampp Control Panel seperti langkah sebelumnya tadi.
setelah Apache dan Mysql aktif bisa klik button Quit untuk menutup jendela, button Quit ini tidak akan menghentikan sistem di Mysql , hanya menutup jendelanya saja.



PROSEDUR atau LANGKAH - LANGKAH menjalankan MySql di commandprompt
  1. Buka command prompt dengan klik start pada pojok kiri bawah di layar windows kamu, lalu ketik    ---->cmd , kemudian tekan tombol --> Enter di keyboard.
  2. dan layar hitam seperti di bawah ini pun tampil.
  3. kemudian ketik --> cd .. (cd titik titik),lalu tekan tombol Enter, kemudian kan pindah baris dengan tulisan (C:\Users >cd.. (cd titik titik)), lalu tekan tombol Enter lagi,
  4. kemudian pada baris setelah di enter akan tertulis  --> C:\> , kemudian ketik ---> cd xampp\mysql\bin , lalu tekan tombol Enter
  5. setelah itu akan masuk baris baru yang tulisannya --> C:\xampp\mysql\bin>, kemudian ketik ---> mysql -u root, lalu tekan tombol Enter
  6. daaaan taraaaaaaa,  anda pun sudah berhasil masukkedalam Mysql untuk membuat database, tabel, dan memanipulasi data yang telah di buat.
di bawah ini aku coba ketik dengan --> show databases;  yang artinya itu adalah perintah membuka atau melihat semua database yang ada di Mysql.

Sekian sharing saya, :) semoga bermanfaat... Keep coding. CodingIsNeverEnd
saran dan kritik kalian sangat membantu, tulis coment di bawah untuk kemajuan bangsa. :) :D
Semoga Berkah Selalu. :)

0 comments:

Post a Comment