Friday 27 January 2017

MEMBUAT GRAFIK ATAU CHART YANG BISA TAMPIL SETELAH KLIK BUTTON

HAI GUYS....

ketemu lagi deh sama catatan aku...
hehehe

kali ini yaa...
jangan bosen lhooo..

kita shaling sharing aja ya,.. semoga bermanfaat, :)

kendala aku kemarin saat ingin menampilkan brntuk grafik di form aku nih, button yang akuklik kok gak tampil tampil yaah??
padahal pas codingnya di tampilkan di form1_load, fine - fine aja deh, tampil cantik sesuai dengan data dari hasil perhitungannya..

penampakan dari grafik yang saya buat adalah seperti ini ya.. guys... :D




setelah aku searching dan mencari kehutan kelaut ke maya tanya kakek nenek saudara, dan akhirnya saya bertanya sama tuhan, hehehe...
jauh bener...

akhirnya ketemulah sebuah cara...
karena aku penasaran ya...
 apa sih yang bedain kok nyampe gak mau tampil???


kalau menurut pengamatan aku dari mereka yang udah sukses buat tutorialnya yah guys...
 semua sama kok... apa sih source code yang sama - sama mereka pakai??

Imports MySql.Data.MySqlClient

Public Class proses

    Dim Mysqlconn As MySqlConnection '(kudu di nggo)
   
    Dim COMMAND As MySqlCommand '(kudu di nggo)


 Dim READER As MySqlDataReader  'iki yopodo kudu di nggo
    Dim query As String 'iki seng jenenge variabel sayang, :) jadi sak karepem meh nganggo jeneng opo ae :D
Sub grafikbatang1()
        Mysqlconn = New MySqlConnection
        Mysqlconn.ConnectionString = "Server=localhost; User Id=root; Password=;database=tpk" 'iki seng jenenge telenan dadi kudu ndue ben database e nyantol lan datane metune cocok
        Try
            Mysqlconn.Open()
            query = "select id_pelamar, c3 from tmp2 group by id_pelamar ORDER BY `tmp2`.`c3` DESC limit 3"
            COMMAND = New MySqlCommand(query, Mysqlconn)
            READER = COMMAND.ExecuteReader
            While READER.Read  'iki yo podo perilaku while yo podo nganggo
                Chart1.Series("Hasil_Preferensi").Points.AddXY(READER.GetString("id_pelamar"), READER.GetFloat("c3"))
            End While
            Mysqlconn.Close()

        Catch ex As Exception
            MessageBox.Show(ex.Message)
        Finally
            Mysqlconn.Dispose()
        End Try

    End Sub

ojo lali cah sub grafikbatang1 iki di panggil neng button1_click atau di button dengan event nya click
semoga bermanfaat yo cah... :) mugi - mugi barokah sak lawase, :)
terimakasih sudah berkunjung, ::) semoga berkah selalu..
#haridimanaguesedangbahagia

0 comments:

Post a Comment